9 Jenis Pondasi Rumah Kokoh dan Anti Bencana

9 Jenis Pondasi Rumah Kokoh – Pondasi rumah yang kuat diperlukan untuk memastikan bangunan aman, stabil dan tahan lama. Namun, tidak hanya mampu berdiri kokoh dalam waktu yang lama, tetapi juga kebal terhadap kekuatan alam seperti gempa bumi dan banjir. Anda berencana membangun rumah, maka jenis pondasi rumah berikut ini jangan sampai terlewatkan. Ada beberapa jenis pondasi yang dibagi menjadi 2 kategori yaitu dalam dan dangkal. Jadi apa yang dimaksud dengan pondasi kategori dalam dan dangkal?

Jenis Pondasi Rumah, Kategori Dalam, pondasi dalam dibuat dari tanah sampai kedalaman tertentu Daya dukung dasar suatu pondasi dipengaruhi oleh beban struktur dan kondisi permukaan tanah saat digunakan pondasi dalam. Berikut ini adalah jenis-jenis pondasi dalam

9 Jenis Pondasi Rumah Kokoh dan Anti Bencana


1. Jenis Rumah Tiang Bore Caisson

Pondasi adalah nama lain, untuk bentuk pondasi bore pile ini. Pondasi jenis ini biasanya dibangun dengan cara mengebor permukaan tanah, kemudian memasukkan pondasi tersebut ke kedalaman tanah yang sesuai. Bentuk pondasi tiang bor ini memiliki keunggulan karena mampu menahan beban struktur maupun gaya angkat. Selanjutnya, bentuk-bentuk pondasi berikut dapat membantu struktur dalam menahan gaya-gaya lateral.

2. Jenis Pondasi Rumah Tiang
Jenis pondasi tiang pancang merupakan konstruksi pondasi yang mampu menahan gaya orthogonal terhadap sumbu tiang dengan menyerap lenturan Keuntungan dari jenis pondasi tiang pancang ini adalah pemilik rumah akan mendapatkan beton mutu yang terjamin karena dibuat dengan sistem fabrikasi.

Selain itu, pondasi juga dapat mencapai daya dukung tanah yang paling keras tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga dari lop di sekitar tiang. Pondasi ini juga dapat digunakan apabila tanah mempunyai daya dukung yang cukup untuk menopang berat bangunan dan semua beban tertampung pada lapisan pada permukaan sumur ta, dengan kedalaman lebih dari 8 meter. Pondasi Jenis tiang pancang adalah untuk memindahkan atau meneruskan beban dari konstruksi di atasnya ke lapisan tanah keras yang sangat dalam.

Baca Juga:  Pondasi Batu Kali hanya Pemborosan?? Ketahui Fungsinya

3. Jenis Pondasi Rumah Dermaga
Pondasi Rumah Dermaga merupakan salah satu bentuk pondasi yang dirancang untuk menopang beban berat struktur suatu bangunan diawali dengan menggali lubang yang dalam di dalam tanah. Setelah itu, bentuk dasar tiang pancang dimasukkan ke dalam tanah galian.

Aturan perencanaan bentuk pondasi dermaga terhadap balok beton diafragma harus sesuai dengan setiap pengukuran tinggi pondasi yang diharapkan karena jenis pondasi tiang pancang. Tiang pancang ini biasanya dibangun dengan menggunakan beton pracetak, bertulang, beton Untuk harga pondasi berjenjang ini lebih murah jika dibandingkan dengan jenis pondasi bangunan lainnya yaitu Jenis Pondasi.

Kategori Dangkal Pondasi dangkal merupakan salah satu bentuk pondasi yang umum digunakan dalam pembangunan rumah. Pondasi rumah dangkal biasanya dibangun pada kedalaman tanah dangkal tidak lebih dari 3 meter. Kira-kira sepertiga dari lebar dasar pondasi. Basis ini dapat digunakan untuk menopang rangka bangunan yang tidak terlalu berat atau tinggi di tempat dengan kondisi tanah yang keras atau stabil.

4 Jenis Pondasi Rumah Umpak
Apakah Anda khawatir dengan seringnya terjadi gempa di beberapa daerah? Jika hal ini terjadi, pondasi tipe alas tahan goncangan bisa menjadi pilihan. Karena pondasi jenis umpak dibangun di atas tanah yang kasar dan stabil, maka umpak termasuk dalam kelompok pondasi dangkal. Penggunaan bentuk dasar ini disertai dengan pondasi batu kali di dalam tanah. Manfaat dari jenis pondasi ini adalah menciptakan kerangka lunak yang memungkinkan bangunan untuk merespon gerakan tanah atau guncangan. Alhasil, saat terjadi gempa, pondasi bangunan tidak mungkin roboh atau pecah.

5.Jenis Pondasi Rumah Rakit
Bentuk pondasi bangunan rakit ini memiliki kelebihan yaitu
dapat digunakan pada kondisi tanah yang lunak atau bahkan pada bangunan gedung dengan kolom yang sangat rapat dengan jarak antar arah. Dengan demikian, telapak sisi akan sejajar.

Baca Juga:  Pondasi Batu Kali Rumah 2 Lantai? Apakah Bisa?

6. Jenis Pondasi Rumah Tapak
Pondasi Tapak, digunakan untuk menopang beban tunggal. Titik suatu bangunan Bangunan biasanya berbentuk lingkaran atau lonjong, namun ada juga yang dibangun berbentuk bujur sangkar atau bujur sangkar Pondasi tapak biasanya dibangun dengan pola bertingkat untuk menopang beban berat. Berasal dari kolom, Sangat ideal untuk bangunan yang berdiri di atas tanah lunak, karena tiang pancang dan kedalaman pondasi dapat mencapai tanah keras.

7. Jenis Pondasi Rumah Plat Beton Bergaris
Jika luas penampang pondasi slab lokal terlalu lebar gunakan pondasi bangunan, slab beton jenis ini Akibatnya, penampang tersebut dipisahkan dengan cara memanjangkan jalan sekaligus menjaganya agar tidak terlalu lebar. Jenis pondasi bangunan ini relatif murah, tidak seperti jenis pondasi lainnya. Model ini juga lebih stabil dibandingkan pondasi tipe batu untuk rumah bertingkat, baik sebagai penopang beban vertikal maupun horizontal, seperti gempa bumi, badai atau kebakaran.

8. Jenis Pondasi Keset Rumah
Pondasi jenis ini dirancang untuk mendistribusikan beban struktural pada area yang lebih luas. Penggunaan jenis pondasi bangunan ini biasanya dilakukan dengan adanya kolom, beban atau beban struktur lainnya yang saling berhubungan dan berdekatan dengan pondasi rumah.

9. Jenis Pondasi Rumah Sumur
Bentuk pondasi jenis sumur adalah bentuk pondasi yang dipasang ditempat dengan komponen beton dan batu pecah. Filling Pondasi bentuk ini dibor ke dalam tanah, dengan diameter 60 sampai 80 sentimeter, mirip dengan menggali sumur sedalam delapan meter. kelompok. Bentuk pondasi ini biasanya digunakan pada bangunan dengan beban ringan seperti desain rumah tinggal atau struktur lainnya, dengan bentang pendek antar kolom. Manfaatnya adalah lebih sedikit beton yang digunakan dan ujung pondasi bertumpu pada tanah yang keras.

Baca Juga:  Pondasi Batu Kali Rumah 2 Lantai? Apakah Bisa?

Demikian penjelasan mengenai berbagai Jenis Pondasi Rumah Kokoh pada bangunan yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran untuk menjadikan rumah yang kuat, stabil dan tahan lama. Silakan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *